Selasa, 08 Desember 2009

PRINTER MUNCUL PESAN "ERROR WRITING TO LPT1"

Apabila pada waktu proses cetak muncul pesan "Error Writing To LPT1" dan proses cetak berhenti, kemungkinan printer anda sudah rusak dan memburuhkan perbaikan. Tetapi sebelumnya harus anda periksa sendiri sebelum anda servis ke tukang servis. Untuk memeriksanya ikuti langkah-langkah berikut :
1. Periksa catu daya dan suplai kertas. Pastikan printer telah siap dan kertas telah ada pada tempatnya.
2. Bersihkan memori printer denan cara mematikan printer beberapa saat dan kemudian nyalkan kembali.
3. Pastikan kabe printer ke pc telah terpasang dengan benar di kedua sisinya.
4. Jika kabel yan anda pakai telah lama dan dalam keadaan rapuh atau terlalu panjang ada kemungkinan sinyal data tidak dapat sampai ke printer. Cobalah untuk mengganti kabelnya.
5. Klik kanan pada My Computer kemudian pilih Properties> Hardware> Device Manager. Pilih bagian port, lalu klik dua kali LPT1 setting. Pastikan bahwa status port bebas dari konflik IRQ atau DMA.
6. Jika anda menemukan konflik DMA pada port paralel, periksa port tersebut apakah memakai ECP atau
tidak. ECP digunakan pada printer baru untuk mempercepat percetakan dengan bantuan RAM. Jika printer anda menggunakan ECP dan terjad konflik DMA, berikan port paralel sau saluran DMA yang tidak terpakai melalui BIOS atau melalui Device Manager jika printer anda tidak menggaunakan ECP.
7. Atur konfigurasi port paralel ke setting yang lebih lambat dalam BIOS. Kebanyakan PC menawarkan empat pilihan setting. Setting standard/default adalah yang paling lambat, tetapi paling kompatibel.
8. Gunakan driver terbaru. Klik Start> Setting> Printers, lalu hapus ikon printer anda. Periksa situs vendor printer anda untuk melihat apakah ada driver baru atau tidak. Jika ada download dan install driver tersebut. Jika tidak ada, install ulang driver printer andamelalui ikon Add Printer.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2009 @ Bojonegoro POS